MAHASISWA S2 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT PASCASARJANA UNEJ GELAR PRAKTIKUM LAPANG SMK3 di PT. PJB UBJ O & M PLTU PAITON.

Mahasiswa minat Kesehatan Lingkungan dan K3 Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Jember, didampingi dosen pengampu mata kuliah Sistem Manejemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3/OHSAS) melakukan kegiatan Praktikum Lapangan SMK3 di PT. PJB UBJ O & M PLTU Paiton pada tanggal 2 April 2019 mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami SMK3 yang diterapkan pada perusahaan secara praktik maupun teori. Kehadiran rombongan disambut dengan hangat oleh staff bagian SDM dan K3 PT. PJB UBJ O&M PLTU Paiton Unit 9, Pak Dedy dan Pak Sarjono.

Acara praktikum lapangan ini dibuka oleh salah satu staff PT. PJB UBJ O&M PLTU Paiton, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Padamu Negeri secara bersama-sama, kemudian sambutan pertama dari pihak managemen disampaikan oleh Pak Samsul selaku manager di PT. PJB UBJ O&M PLTU Paiton. Setelah itu sambutan kedua disampaikan oleh Wakil Direktur 1 Pascasarjana, Dr. Ir. Sugeng Winarso, M.Si., kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Dr. Isa Ma’rufi, S.KM., M.Kes.

Sarjono, S.T., selaku Senior Staff K3 PT. PJB UBJ O&M PLTU Paiton Unit 9 memberikan materi terkait visi misi perusahaan, SMK3 yang telah diterapkan, serta proses produksi di PT. PJB UBJ O&M PLTU Paiton Unit 9 dalam sesi diskusi dan tanya jawab. Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan visit lapangan dengan berjalan kaki dan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap mulai dari safety shoes, safety helmet, dan masker. Visit lapangan dilakukan pada beberapa departemen, mulai dari pengurusan work permit di PTW, melihat sistem filter air untuk proses produksi, dan melakukan observasi lapangan pada beberapa departemen di PT. PJB UBJ O&M PLTU Paiton Unit 9.

Akhir dari sesi praktikum lapangan SMK3 yaitu penutupan acara yang disampaikan oleh Dr. Isa Ma’rufi, S.KM., M.Kes., dan Dr. Ir. Sugeng Winarso, M.Si., selaku dosen pendamping akademik dalam praktikum lapangan ini (NF).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *